Siaga NARU_1: Menkominfo Rudiantara, saat berkunjung ke
Network Operation Center (NOC) untuk melihat kesiapan jaringan Telkomsel jelang
malam pergantian tahun, Rabu (31/12).
Telkomsel
Layani Malam Tahun Baru Tanpa Kendala
Trafik Data Telkomsel Naik di Tahun
Baru
Jakarta, 2 Januari
2015 – Trafik
Telkomsel secara nasional pada Tahun Baru 2014/2015 mengalami kenaikan
dibandingkan hari normal di tahun 2014, khususnya pada layanan data. Kenaikan
terbesar terjadi pada layanan data yaitu sebesar 20%, sedangkan layanan SMS dan
suara cenderung stagnan, yaitu naik 1% dan turun sebesar 4%. Jika dibandingkan
dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (2013), peningkatan layanan data
terjadi amat signifikan, yaitu melonjak hingga lebih dari 124%, dimana hal ini
menunjukkan tingginya pertumbuhan penggunaan mobile data di masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.
Direktur
Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Kami bersyukur bahwa lonjakan
trafik komunikasi di periode natal dan tahun baru ini dapat dilayani dengan
baik oleh jaringan kami di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan tetap dapat
menikmati kualitas terbaik dalam berkomunikasi.”
Untuk
menghadapi lonjakan trafik di masa Natal dan Tahun Baru, Telkomsel sebelumnya
telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh
Indonesia, dimana hal ini juga telah disampaikan kepada Menkominfo Rudiantara
saat melakukan inspeksi ke Network
Operation Centre (NOC) di Kantor Pusat Telkomsel saat malam pergantian
Tahun Baru 2014/2015. Dalam kesempatan tersebut jajaran direksi Telkomsel juga menyatakan
bahwa tim Telkomsel terus melakukan pemantauan trafik telekomunikasi, sepanjang 24 jam secara terpusat sehingga segala
permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan
pelanggan dalam berkomunikasi.
Berikut
penjelasan singkat kenaikan trafik Telkomsel di tahun baru 2014/2015:
·
Data:
Layanan
data mencatat kenaikan sebesar 20% menjadi 1,046 TeraByte, dibandingkan hari
normal di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan periode yang sama
di tahun 2013, kenaikan mencapai 124%.
·
SMS
& Suara: Layanan SMS mencatat kenaikan sebesar 1%
menjadi 977 juta SMS, dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan layanan
suara mencatat penurunan sebesar 4% menjadi 1.3 milliar menit, dibandingkan
hari normal di tahun 2014.
Selain siaga untuk mengamankan jaringan di masa
pergantian tahun, pada kesempatan yang sama Telkomsel juga terus memantau
perkembangan evakuasi Air Asia QZ8501. Telkomsel mendukung pemerintah dalam proses evakuasi
Air Asia QZ8501 yang saat ini tengah dilakukan oleh pihak Basarnas (Badan SAR
Nasional) yang berpusat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan Surabaya, Jawa
Timur. Dukungan terhadap upaya pencarian/evakuasi pesawat dan korban
diantaranya dilakukan dalam bentuk penguatan jaringan di lokasi-lokasi utama,
serta posko layanan internet & telepon gratis, sehingga diharapkan dapat
mempermudah kerja dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam proses
evakuasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar